Kejahatan Cyber dan Pencegahannya

  

Yuk Kenali Jenis Kejahatan Cyber dan Pencegahannya !


    Teknologi semakin berkembang dari zaman ke zaman sehingga membuat kita dapat lebih terbantu dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu dengan teknologi itu pula kita dapat dengan mudah mengakses informasi yang kita inginkan serta membuat kita dapat berkomunikasi dari jarak jauh sehingga membuat dunia terasa menjadi lebih dekat. Dengan teknologi pula kehidupan sehari-hari kita menjadi lebih mudah, contohnya sekarang kita tak perlu repot membawa kunci rumah, melainkan hanya dengan menggunakan sidik jari atau kartu ,maka kita sudah dapat mengaksesnya dengan mudah dan aman, sehingga tidak perlu takut lagi akan kehilangan kunci. Itu adalah beberapa contoh dampak kemajuan teknologi yang berdampak positif dalam kehidupan manusia.

   Teknologi bak dua mata pisau, ia dapat memiliki dampak positif yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia namun memiliki dampak negatif yang dapat membahayakan hidup manusia. Zaman sekarang ini marak terjadi cyber crime yang merajalela dengan bebas tanpa pandang bulu. Cyber crime sendiri adalah aktivitas kejahatan di dunia maya dengan memanfaatkan suatu jaringan komputer untuk mendapat keuntungan pribadi dan merugikan orang lain. Dan salah satu sasarannya adalah informasi pribadi kita yaitu identitas, tempat tinggal, rekening bank, kartu kredit, dan lain-lain.

    Setelah mengetahui apa itu cyber crime, mari kita bahas jenis-jenis cyber crime yang sering terjadi adalah sebagai berikut:

1. Hacking dan Cracking


  Hacking adalah mempelajari suatu sistem komputer dan kemudian meningkatkan sistem keamanan data dalam perangkat tersebut. kegiatan hacking dilakukan oleh para hacker. Selanjutnya adalah cracking, cracking sendiri merupakan suatu kegiatan peretasan atau pembobolan data orang lain baik itu pembajakan suatu akun, website, ataupun sebuah aplikasi demi keuntungan pribadi. Contoh dari tindakan cracking ini adalah menggunakan aplikasi secara full version tanpa melakukan suatu registrasi ataupun pembayaran.

2. Carding 


   Kejahatan ini belum banyak terjadi di Indonesia namun, di luar negeri kejahatan ini sudah marak terjadi. Carding sendiri merupakan penyalahgunaan kartu kredit milik orang lain. Selain itu juga dapat diartikan bertransaksi online dengan menggunakan kartu kredit orang lain, yang tentunya kartu kredit tersebut adalah kartu kredit curian.

3. Phising 


  Phising sendiri yaitu kegiatan menjebak seseorang dengan menggunakan email palsu atau website palsu yang didesain seperti website dan email dari suatu lembaga resmi untuk mengambil data-data pribadi kita. Hal ini tentunya sangat berbahaya dan kita harus lebih waspada serta bijak dalam menggunakan teknologi digital ini.

4. Penipuan melalui Online Shop dan Via SMS


   Kejahatan ini mungkin tidak asing lagi bagi kita, kejahatan ini sering terjadi dan merugikan banyak pihak. Motif kejahatan yang sering terjadi yaitu menjual suatu barang palsu yang lebih murah daripada barang aslinya, setelah terjual biasanya mereka menutup kolom komentar, mengganti nama, ataupun menutup akun untuk mencari korban baru. Kemudian, pada penipuan melalui SMS ini biasanya memberikan kabar bahwa telah menerima uang atau hadiah dan selanjutnya diminta untuk memverifikasi dan membayarkan sejumlah uang dengan alasan sebagai biaya registrasi ataupun pajak. Dengan demikian kita harus hati-hati dalam membeli suatu barang dan juga tidak mudah tergiur ketika mendapatkan SMS berupa hadiah.

   Tentunya selain 4 jenis tersebut, masih banyak jenis-jenis cyber crime yang lain. Kejahatan tersebut  sangat berbahaya dan oleh sebab itu kita harus berhati-hati serta mencegah kejahatan tersebut. Adapun langkah-langkah untuk mencegah kejahatan cyber adalah sebagai berikut :

1. Tidak membuka suatu link dan attachment yang tidak dikenali.
2. Tidak menggunakan aplikasi bajakan.
3. Tidak membagikan secara sembarang tentang identitas atau informasi pribadi.
4. Rutin mengganti password.
5. Aktifkan autentikasi dua faktor.
6. Menggunakan jasa information security analysts untuk menjaga suatu data penting perusahaan

   Dari pemaparan diatas dapat kita simpulkan bahwa teknologi digital mempunyai dampak positif yang banyak serta dampak negatif yang mengerikan. Oleh sebab itu, dalam menggunakannya kita harus berhati-hati dan lebih bijak agar terhindar dari bahaya cyber crime. selain itu perlunya peran cyber security pun sangat dibutuhkan demi mengamankan data-data penting ataupun informasi penting dari serangan para peretas.

Sumber :


Sumber Foto :












    


Komentar